Selasa, 12 November 2013

detail berita
F: Ducati (flickr)

BOLOGNA- Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Ducati sedang merancang sepeda motor tercepat di dunia. Motor dengan kode 2WV dipersenjatai dengan mesin 3.0 liter, dikawinkan dengan iV4 (mesin segaris 4 silinder pada model V) Desmosedici Hybrid

Spesifikasi ini menghasilkan 501 BHP dan 750 torsi, transfer tenaga menggunakan girbox otomatis 10 kecepatan, Ducati merasa motor ini terlalu cepat bagi manusia untuk penggantian gigi secara manual. Suzuki Hayabusa, Dodge Tomahawk, dan MTT Y2k pantas gusar jika mengamati spesifikasi ini.

Tenaga terlalu besar, ban depan pasti mengangkat begitu gas mulai dibuka. Ducati mengatakan sebaliknya, dengan sistem anti wheelie, pembagian tenaga terjadi pada kedua roda dengan rasio kombinasi 35:65. Mesin konvensional akan menggerakan roda belakang, sementara mesin hybrid diplot untuk roda depan. Motor ini adalah yang pertama mengadopsi penggerak all-wheel drive.

Dalam mode normal, proses mencapai 400 km/jam ditempuh hanya dalam 7,26 detik tetapi masalah masih ada pada resistensi angin. Kerja mesin padahal masih bisa mencapai 450 km/jam, karena itu Ducati juga mengembangkan helm spesial yang dibuat dari bahan titanium dan dapat membantu memotong angin sebanyak 30 persen.

Sasis monokok milik Audi bergabung dengan wheelbase yang sangat ekstrim untuk sebuah sepeda motor, namun hal ini untuk stabilitas kecepatan sangat tinggi. Ban menggunakan Pirelli untuk penggunaan sampai 600 km/jam. Seluruh mesin dibuat dengan tangan selama tiga bulan, material yang digunakan menjadikan berat keseluruhan hanya 281 kilogram.

Akselerasi paling ekstrim justru sangat membutuhkan sistem pengereman dengan kadar ekstrim pula. Dilengkapi dengan discbrake berukuran sangat besar pada roda depan dan belakang, BS, EBD, Intelligent Emergency Braking, Cornering Brake Control, Panic Braking Control. Kemudian fitur lainnya adalah TCS, Dynamic Stability Control, Electronic Traction Control dan Adaptive damping air suspension.

Siapapun yang akhirnya dapat memiliki pancuran tenaga masif yang dimiliki 2WV akan diberi kesempatan untuk digeber dua kali dalam setahun di fasilitas rahasia milik Volkswagen.
(zwr)

0 komentar:

Posting Komentar